Webinar HME Unikom: Sikap Mahasiswa Teknik Untuk Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Dalam Masa Pandemik

Pers Birama Unikom – (15/09/20) Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Universitas Komputer Indonesia telah mengadakan Webinar yang bertajuk “Sikap Mahasiswa Teknik Untuk Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Dalam Masa Pandemik”. Diadakan melalui secara live melalui Instagram dan Zoom Meeting pada Pukul 10:00 – 12:00 WIB, acara yang dipandu oleh Hazel Rasendriya Dharma dengan pemateri- pemateri yang luar biasa yaitu:  Ir. Neni Utami A., M.T selaku Wakil Ketua Asosiasi Robot Edukasi Indonesia serta Dosen Teknik Elektro Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati; dan M. Herdy Ardiansyah , S.T., M.T., selaku Engineer PT. PLN  (PERSERO) Cengkareng ini bersifat umum dan dihadiri oleh 130 partisipan.

“Webinar ini bertujuan untuk pemecah kebuntuan bagi mahasiswa yang masih kebingungan menentukan langkah setelah lulus dari perguruan tinggi apalagi dalam masa pandemik covid-19. Selain itu kami juga ingin menggugah kesadaran akan kesiapan seorang mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja. Sebenarnya Webinar ini tidak hanya untuk mahasiswa/i teknik saja, karena mungkin pemateri yang kami undang punya latar belakang seorang teknik dan sudah mempunyai pengalaman kerja di lapangan, jadi untuk saat ini materi yang disampaikan oleh pemateri hanya berfokus pada teknik. Disisi lain juga pemateri membahas lapangan pekerjaan secara umum. Jadi, disitu juga perlunya kerja sama antar ilmu baik teknik maupun non teknik untuk menciptakan tujuan yang sama”.


– ujar Wisnu Hari Nugroho selaku ketua pelaksana

Ir. Neni Utami A., M.T menjelaskan bahwa definisi mencari kerja itu ada 2 yaitu menjadi pemberi kerja dan menjadi pekerja. Beliau juga menjelaskan bagaimana sebaiknya anak teknik memanfaatkan berbagai peluang pekerjaan di masa pandemik seperti ini, di zaman kreatif sekarang ini banyak sekali peluang pekerjaan yang dapat dibangun menggunakan ide-ide kreatif, hal itu bisa dimanfaatkan untuk menciptakan peluang pekerjaan yang baru. Jika kita mau sukses, maka harus mau mengambil risiko atau rela kehilangan kesempatan. Segala hal bisa berubah, yang harus kita lakukan adalah beradaptasi terhadap perubahan. Jadilah percaya diri dan lakukan hal itu sekarang, lakukanlah yang terbaik. Dan tidak semua mahasiswa mempunyai dan menyukai 2 karakter yaitu Opportunity serta Challenge. Pesan dari beliau ialah

“Jangan menunggu lulus kuliah, karena ini adalah zaman kreatif  bukan zaman ijazah. Tetapi, jika mahasiswa ingin bekerja ke perusahaan-perusahaan maka diharuskan memperhatikan ijazah”.

“Sebelum lulus harus sudah mempersiapkan rencana, mempunyai tujuan, mempunyai skill dan menyiapkan ide-ide kreatif agar benar-benar siap menghadapi dunia kerja. Jangan pesimis, kita lulusan Sarjana dan jangan mengandalkan atau berharap untuk menjadi seorang pekerja, tetapi jadilah apa saja dengan kreativitas yang dimiliki. Lalu kita harus mempunyai tujuan hidup dan tujuan setelah lulus kuliah. Dan setelah lulus kuliah wajib memperhatikan attitude“.

– dalam penyampaian M. Herdy Ardiansah, S.T., M.T.

Semoga Webinar ini memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta dan juga dapat diaplikasikan dalam dunia industri pada saat kerja nanti.

Pewarta: Siska Nur Oktaviani
Scriptwriter: Yani Andriani
Dokumentasi: Yani & Siska
Redaktur: Melvin 
About Author
admin