Seminar Nasional PROSPERA 1.0

Pers Birama – (20/10/2023) Telah dilaksanakan Seminar Nasional dengan tajuk Prospera 1.0 yang bertemakan “Strategi Kebijakan Luar Negeri Indonesia Terhadap Konflik AUKUS-Tiongkok di Wilayah Indo-Pasifik” pada tanggal 20 – 21 Oktober 2023. Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Hubungan Internasional yang dilaksanakan pada pukul 13.00 – 16.30 WIB di Auditorium Lt. 4 Gedung Miracle Unikom.

Menurut Ismail Daffa Fajriansyah selaku Ketua Divisi Advokasi, mengatakan bahwa alasan pengambilan tema seminar yang diadakan ini adalah untuk mencari jawaban atas sikap kebijakan terhadap konflik AUKUS-Tiongkok di Indo-Pasifik.

Acara ini mengundang pengamat politik Abhiram Singh Yadav dan perwakilan langsung dari Sekretariat Badan Strategi Kebijakan Kementrian Luar Negeri Indonesia yaitu Baskara Pradipta, juga akademisi UNIKOM yang diharapkan bisa mendapatkan jawaban aktual dari konflik yang sedang berlangsung.

Acara seminar yang diselenggarakan ini diharapkan agar para mahasiswa bisa lebih peka terhadap permasalahan yang ada di berbagai negara.

Kemudian, dihari berikutnya dilaksanakan Focus Group Discussion yang dihadiri oleh para tamu undangan dari Universitas yang tergabung dalam FKMHII korwil 3 Bandung yang mana membahas dan mencoba mencari jawaban atas sikap kebijakan terhadap konflik AUKUS-Tiongkok di Indo-Pasifik, hasil dari Focus Group Discussion (FGD) tersebut dikemas sebagai sebuah pernyataan sikap dari HIMA IHI UNIKOM bersama Universitas lainnya yang tergabung dalam FKMHII Korwil 3 dan tersusun dalam draft resolution rekomendasi kebijakan luar negeri Indonesia menanggapi konflik AUKUS-Tiongkok.

Berikut adalah link dari draft resolution dari acara tersebut:
https://drive.google.com/file/d/1aPTumJkPFY7nAmi12lGYoVgcjNQIRxNc/view?usp=drivesdk

Penulis: Vika, Teguh
Dokumentasi: Asyifa
Redaktur: Maulana Ilham

About Author
KOMINFO BIRAMA
KOMINFO BIRAMA Merupakan Divisi Non Peliputan yang bergerak di bidang Publikasi dan Informatika. Setiap konten dan juga sistem yang ada di website ini sepenuhnya dikelola dan dikembangkan oleh KOMINFO BIRAMA.